Postgraduate ARS University

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PUBLIK DI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KOTA BANDUNG

Author
Lecture:
  1. Mira Veranita
Publish Date
09 Maret 2022
Category
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4]
Publisher
Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik
City / Country
- / -
Volume
Vol 9 No 2 Mei (2022):
Page
xx
URL
https://stia-binataruna.e-journal.id/PUBLIK/article/view/314
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan publik di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bandung. Metode yang digunakan pendekatan kuantitatif serta uji regresi linear berganda dengan menggunakan perangkat SPSS V.26 dengan mengambil sample publik yang pernah merasakan pelayanan di Bakesbangpol sebanyak 70 orang. Survei yang dilakukan melalui kuesioner menggunakan Googleform untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) bentuk fisik tidak berpengaruh signifikan pada kepuasan publik;2) realibilitas berpengaruh sigifikan pada kepuasan publik, 3) daya tanggap berpengaruh signifikan pada kepuasan publik;4) jaminan tidak berpengaruh signifikan pada kepuasan publik; dan 5) empati tidak berpengaruh signifikan pada kepuasan publik. Hasil uji simultan diperoleh Fhitung 239,291> Ftabel 3,98 terhadap kepuasan publik dan hasil uji koefisien memperoleh hasil R square 0,779 yang berarti kepuasan publik dipengaruhi oleh kualitas pelayanan sebesar 77,9%.