Postgraduate ARS University

Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Untuk Perencanaan Strategi Bisnis: Studi Kasus Pada UMKM Della Bakery&Cake

Author
Lecture:
  1. Mira Veranita
Publish Date
22 Mei 2023
Category
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4]
Publisher
Jurnal E-Bis: Ekonomi Bisnis
City / Country
- / -
Volume
Vol 7 No 1 (2023)
Page
xx
URL
https://www.jurnal.politeknik-kebumen.ac.id/E-Bis/article/view/1191
Abstract
UMKM sebagai sektor bisnis yang menopang perekonomian Indonesia harus merencanakan strategi bisnis dengan tepat untuk menghadapi kompetisi dan perubahan-perubahan yang terjadi, yang meliputi aspek pemasaran produk dan layanan sampai operasional. Riset ini bertujuan membantu UMKM merumuskan strategi yang efektif berdasarkan analisis yang mendalam terhadap kondisi internal dan lingkungan eksternal perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus, dengan data primer dikumpulkan melalui depth interview, dan data sekunder diperoleh melalui obervasi dan studi literasi. Pemeriksaan kredibilitas dan narasi, triangulasi sumber dan triangulasi metode digunakan untuk memverifikasi keandalan data. Matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation) digunakan untuk melakukan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IFE dan EFE berada pada sel V dan strategi yang disarankan adalah pengembangan produk,penetrasi pasar,dan pengembangan pasar.kebutuhan dan tuntutan.