Postgraduate ARS University

APAKAH KEPUASAN PASIEN DI KLINIK PRATAMA DIPENGARUHI MARKETING MIX

Author
Lecture:
  1. H. Purwadhi
  2. Bayu Wahyudi
Student:
  1. Rani Satiti
Publish Date
22 November 2023
Category
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4]
Publisher
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran,
City / Country
Bangkinang, Kampar, Riau / Indonesia
Volume
Volume 6 Nomor 2, 2023
Page
1977-1982
URL
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/21009
Abstract
Perubahan di era globalisasi saat ini telah menghadirkan tantangan yang serius bagi bisnis di seluruh dunia. Kompetensi bisnis yang semakin ketat sudah menyebabkan beberapa perusahaan kolaps karena kurangnya strategi dan adaptasi terhadap perubahan pasar yang cepat, tidak terkecuali klinik pratama. Perusahaan yang ingin membangun basis pelanggan yang setia dan bertahan di pasar yang kompetitif, mereka harus menjadikan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama dalam setiap aspek operasi mereka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelaksanaan marketing mix (yang terdiri dari 8P yaituProduct, Price, Promotion, Place, People, Process, Physical Evidence, Productivity and Quality) terhadap kepuasan pasien di Klinik Pratama Sarodja, Godean, Yogyakarta. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini yaitu 500 pasien Klinik Sarodja dan jumlah sampel yaitu 56 pasien Klinik Sarodja. Teknik analisis data penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa marketing mix memiliki pengaruh yang positif dan signifikan kepada kepuasan pasien di Klinik Pratama Sarodja