| Setiap unit bisnis perlu mengetahui strategi pengembangan bisnis yang dapat diterapkan dalam menjalankan bisnisnya. Tema ini yang diusung oleh Prodi Magister Manajemen, ARS  Universtitydalam  kegiatan  pengabdian  masyarakat yang  bekerja  sama  dengan Pratani, sebuah training campyang menyediakan pelatihan bagi masyarakat umum yang berminat   untuk   menjadi   peternak   ayam   petelur. Penelitian   pengabdian   kepada masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan kajian teoretisstrategi pengembangan bisnis. Ada  dua  hal  yang  perlu  diperhatikan  dalam  strategi  pengembangan  bisnis sehubungan   dengan   kondisi   lingkungan,   yaitu   kondisi   lingkungan   internal   dan eksternal.   Kondisi   lingkungan   internal merupakan   kekuatan   dari   suatu   strategi pengembangan   bisnis, berupa sumber   daya   manusia   yang   kompeten,   konsistensi program pelatihan serta perencanaan program pelatihan yang optimal membuat luaran yang   optimal   yaitu   peserta   pelatihan   budidaya   ayam   petelur   yang kompeten dibidangnya.  Kondisi  eksternal  yang  menyangkut  peluang  adalah  dapat  menciptakan ide lapangan pekerjaan yang baru bagi para peserta program, adanya kerjasama dengan lembagabisnis  atau  pelatihan lain  yang  sejenis, mendapat  dukungan  dari  masyarakat karena memberdayakan masyarakat sekitar. Strategi yang bisaditerapkan oleh Prataniyaitu aktif promosi di berbagai sosial media dan joint venture. |