Pascasarjana ARS University

PENGARUH GAYA HIDUP DAN MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAJALAH MONITOR BANDUNG

Penulis
Dosen:
  1. H. Purwadhi
  2. Rian Andriani
Mahasiswa:
  1. Nandang Komara
Tanggal Terbit
16 Juli 2022
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 6]
Penerbit
AKTUAL Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial
Kota / Negara
Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan / Indonesia
Volume
Vol 20 No 2 (2022)
Halaman
1-8
URL
https://stietrisnanegara.ac.id/jurnal/index.php/aktual/article/view/248
Abstrak
Peran media menjadi garda terdepan sebagai kontrol sosial masyarakat. Saat ini media massa mempunyai peran yang sangat penting dalam menyampaikan sebuah berita ke masyarakat, sekaligus memberikan dan memaparkan data dan fakta yang terjadi setiap saat.Media massa sendiri sebenarnya, merupakansarana menyampaikan pesan-pesan, aspirasi masyarakat, sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita ataupun pesan kepada masyarakat baik langsung maupun tidak langsung secara luastidak terlepas dengan majalah monitor bandung.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuiseberapa besarpengaruh gaya hidup dan motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian majalah.Secara umum sumber pendapatan surat kabar terbagi dua yaitu berasal dari penjualan majalah dan penjualan iklan. Akan tetapiumumnya pendapatan terbesar adalah berasal dari penjualan iklan. Perusahaan surat kabar memang harus memperbesar tingkat penjualan iklan, karena jika hanya mengandalkan hasil sirkulasi tidak akan dapat menutupi biaya produksi dan biaya operasionalnya, apalagi untuk memperoleh margin yang sesuai. Hasil daripenelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan variabel gaya hidupdan motivasi konsumenterhadap keputusan pembelianbaik secara parsial atausecara simultan. Dengan demikian gaya hidupdan motivasi konsumensemakin baikmaka, keputusan pembelian majalah monitor juga semakin banyak