Pascasarjana ARS University

Hubungan mutu pelayanan terhadap minat kunjungan ulang pasien di klinik citra medika kota Semarang

Penulis
Dosen:
  1. H. Purwadhi
  2. Rian Andriani
Mahasiswa:
  1. Ahmad Yassir
Tanggal Terbit
12 Juli 2024
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4]
Penerbit
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi.
Kota / Negara
Malang / Indonesia
Volume
Vol 8 No 1 (2023)
Halaman
1-12
URL
https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/8239
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubunganmutu pelayanan terhadap minat kunjungan ulang pasien di Klinik Citra Medika Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif cross sectional. Populasi penelitian yaitu rata-rata jumlah pasien per bulan dari September 2021 –Agustus 2022 sebesar 1565 pasien di Klinik Citra Medika Kota Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling denganjumlah sampel sebanyak 50 orang.Teknik analisis data yang digunakanyaituuji instrumen penelitian yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, tahap Pengolahan Data yang terdiri dari editing, coding, entry, cleaning, tabulating, analisis data yang terdiri dari analisis univariat dan analisis bivariat.Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa terdapat hubunganreliability (kehandalan), assurance (jaminan), tangible (bukti fisik/langsung), emphaty (empati), dan responsiveness (daya tanggap) terhadap minat kunjungan ulang pasien di Klinik Citra Medika Kota Semarang.