Pascasarjana ARS University

PENGARUH MANAJEMEN SARANA KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI KLINIK PRATAMA PTPN VII KANTOR DIREKSI BANDAR LAMPUNG

Penulis
Dosen:
  1. H. Purwadhi
  2. Dasrun Hidayat
Mahasiswa:
  1. Muhammad Aditya Utomo
Tanggal Terbit
30 Juli 2023
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4]
Penerbit
Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi.
Kota / Negara
Malang / Indonesia
Volume
Vol 11 No 2 (2023)
Halaman
107-116
URL
https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/refrensi/article/view/4641
Abstrak
Tujuan melakukan riset ini yaitu guna mengetahui berapa besar pengaruh manajemen sarana kesehatan terhadap kepuasan pasien Klinik Pratama PTPN VII Kantor Direksi. Metode yang digunakan dalam riset ini merupakan kuantitatif dengan konsep cross sectional study. Populasi dalam riset ini yaitu semua pasien rawat jalan Klinik Pratama PTPN VII Kantor Direksi pada tahun 2022 dan metode pengumpulan sampel memakai non probability sampling dengan metode accidental sampling. Sehingga didapat sampel sebanyak 315 orang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai P-Value secara simultan sebesar 0,000. Adapun secara parsial variabel sarana prasarana (X1), lokasi (X2), ketenagaan (X3), dan kefarmasian (X4) memiliki nilai P-Value <0,05, jika nilai probabilitas <0,05 sehingga sanggup disimpulkan jika sarana prasaran, lokasi, ketenagaan, dan kefarmasian mempengaruhi dengan cara simultan serta parsial pada kepuasan pasien (Y). Klinik Pratama dapat mempertahankan dan meningkatkan aspek ketenagaan terkait pelayanan dan sikap petugas seperti melalui briefing dan sosialisasi yang terus menerus mengenai budaya kegiatan yang responsif, silih menghormati, serta tindakan empati.