Pascasarjana ARS University

Pengaruh Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Dokter Spesialis Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS Studi Kasus Pada RS Eko Maulana Ali Kabupaten Bangka

Penulis
Dosen:
  1. H. Purwadhi
  2. Rian Andriani
Mahasiswa:
  1. Muhammad Qaisha Arbey
Tanggal Terbit
12 Juli 2024
Kategori
Jurnal Nasional Terakreditasi [SINTA 4]
Penerbit
Cakrawala Repositori IMWI
Kota / Negara
Pasuruan / Indonesia
Volume
Vol 7 No 1 2024
Halaman
166-182
URL
https://journal.imwi.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/597
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan poli rawat jalan dokter spesialis terhadap kepuasan pasien peserta BPJS di Rumah Sakit Eko Maulana Ali Kabupaten Bangka. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. peneliti menguji teori dengan hipotesis dan pengumpulan data untuk mendukung atau menolak hipotesis (Creswell, 2013). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) semakin baik dimensi Fasilitas pada kualitas pelayanan maka semakin tinggi kepuasan pasien, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari dimensi Kepedulian terhadap kepuasan pasien peserta BPJS, (3) semakin baik dimensi Keandalan dokter pada kualitas pelayanan maka semakin tinggi kepuasan pasien.(4) semakin baik dimensi ketanggapan pada kualitas pelayanan maka semakin tinggi kepuasan pasien. (5) semakin baik dimensi Keilmuan pada kualitas pelayanan maka semakin tinggi kepuasan pasien. (6) kualitas pelayanan (Fasilitas, Kepedulian Keandalan, Ketanggapan, Keilmuan) mempengaruhi kepuasan pasien peserta BPJS di RS Eko Maulana Ali Kabupaten Bangka.