Pascasarjana ARS University

Strategi Pemasaran Digital Untuk Kelompok Peternak Ikan Jaring Terapung KP Leuwi Nutug Kecamatan Cililin

Penulis
Dosen:
  1. Kahar Mulyani
  2. Gartika Rahmasari
Mahasiswa:
  1. Hera Wahyuni
Tanggal Terbit
31 Agustus 2023
Kategori
Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi [Lainnya]
Penerbit
JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT INDONESIA (JPKMI)
Kota / Negara
- / Indonesia
Volume
VOL. 3 NO. 2 (2023)
Halaman
227-233
URL
https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jpkmi/article/view/1870
Abstrak
Kampung Leuwi Nutug Kecamatan Cililin merupakan bagian dari daerah KabupatenBandung Barat, yang sebagian penduduknya berpenghasilan melalui peternak ikan jaring terapung. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut hampir semua bidang untuk menyesuaikan dengan teknologi tersebut. Tingkat penguasaan ilmu dan teknologi merupakan bukti nyata dari keberhasilan pembangunan peternak ikan. Teknologi pemasan secara digital yang terus menerus berkembang pesat saat ini, membantu penggunanya dalam menyampaikan informs/pesan iklan kepada masyarakat terutama konsumen ikan nila. Digital marketing dengan memanfaatkan media elektronik dapat berupa iklan pada stasiun televisi maupun radio, sedangkan media online dapat berupa pemasaran memanfaatkan media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, serta e-commerce lainnya yaitu Tokopedia, Shopee, Lazada dan yang lainnya. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada sentra budidaya ikan terapung yang berada di Kampung Leuwi Nutug Kecamatan Cililin. Sasaran dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pembudidaya ikanterapung. Adapun dalam memperoleh data melalui wawancara langsung kepada pemilik ikan jaring terapung. Dalam kegiatan pengabdian ini terhadap aktivitas usahanya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam bentuk wawancara dan observasi. Adapun hasil yang didapatkan berdasarkan survei dan wawancara, bahwa peternak ikan terapung di Kampung Leuwi Nutug Kecamatan Cililin masih belum menggunakan pemasaran secara online.